View TumbuhanObat #Acalypha hispida Burm. f. / Acalypha den

Nama LatinAcalypha hispida Burm. f. / Acalypha den
Nama LokalEkor kucing
DescriptionPenyebarannya meliputi Jawa dan Maluku.
Habitatdaun, akar, bunga, kayu
Id Species730
SinonimEuphorbiaceae
FamBuntut kucing, ekor kucing,
Nama daerahPerdu tahunan dengan tinggi 2-3 m. Batang tegak, bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, dan berwarna coklat kehijauan. Daun tunggal, lonjong, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, permukaan mengkilat, panjang 10-15 cm, lebar 5-8 cm, pertulangan menyirip, tangkai silindris, berbulu, panjang + 7 cm, dan berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bulir, panjang 24 cm, di ketiak daun, tangkai pendek, silindris, berbulu, panjang 1,5 cm, mahkota merah, silindris halus, dan berwarna merah. Buah bulat, kecil, berbulu, dan berwarna hijau. Biji bulat, kecil, dan berwarna putih kotor. Akar tunggang dan berwarna putih kecoklatan. Ekor kucing sampai saat ini belum diketahui asalnya. Jenis ini sengaja ditanam sebagai tanaman hias di tepi pagar atau taman. Pertumbuhannya memerlukan tanah yang gembur dan subur, serta menyenangi tempat yang terbuka dengan sinar matahari penuh. Di Jawa, hanya ditemukan yang berbunga betina, karena itu tidak pernah didapat buah maupun bijinya.
DisribusiPerbanyakannya dengan menggunakan biji dan stek batang. Untuk keperluan tersebut agar berhasil dengan baik, maka harus mengambil ranting yang sudah tua dan setengah berkayu. Jika ingin mendapatkan bentuk yang indah, sebaiknya diadakan pemangkasan secara berkala.
BudidayaBunganya rasanya manis, kelat dan sifatnya sejuk. Bunganya berkhasiat untuk menghentikan pendarahan (hemostatik) dan peluruh kencing (diuretik); sedangkan akar dan daunnya berkhasiat sebagai hemostatik. Disamping itu jenis ini juga berkhasiat sebagai vulnerari.
Sifat Organoleptik3, 4, 5, 6, dan 372.
Ramuanperdu
Bagian Yang DigunakanBagian yang sering digunakan adalah daun, akar, bunga, atau kayunya. Daunnya berguna sebagai obat air ludah berdarah yang bukan disebabkan oleh suatu keracunan; ak
ManfaatDaunnya mengandung akalifin, saponin, tanin, dan flavonoid; sedangkan bunganya mengandung saponin dan tanin.
Kandungan kimiaNot set
LokasiNot set
Latitude106.73025
Longitude-6.55611
Status Mission0
Status1
Id User0
SumberTOI Jilid VII
Usernameocit2

Peta Persebaran #