View TumbuhanObat #Bougainvillea glabra Choisy

Nama LatinBougainvillea glabra Choisy
Nama LokalBUNGA KERTAS
Description<p>Perdu berduri yang menjauhi batang membengkok, tinggi 5 - 15 m; ranting, daun, karangan bunga kerapkali berbulu jingga. Daun tunggal, tersebar, berhadapan, bertangkai, bulat telur hingga elips memanjang, 4-10 x 2 - 6 cm, bagian ujung meruncing, bagian tepi rata. Perbungaan tersusun dalam anak payung yang bertangkai, pada ketiak, kecil, seperti terompet, 1 - 7 anak payung, masing-masing anak payung terdiri 3 bunga, masing-masing anak bunga mempunyai 1 daun pelindung; anak payung terkumpul dalam malai, bagian ujung yang berdaun; daun pelindung duduk, bulat telur, bertulang daun, putih, kuning, jingga, merah tua hingga merah keunguan, 3 - 6 x 1,5 - 2,5 cm, hijau, bagian bawah agak menggelembung, menyelubungi buah, bagian atas rontok, bagain tepi melebar, terbentang, kuning, terdapat 10 taju, 5 melekuk ke dalam; benang sari 8, tidak sama, sama panjangnya dengan tabung; tangkai putik lebih pendek; kepala putik miring, bertaju tidak beraturan. Buah kecil, jarang terbentuk.Tumbuhan ini banyak ditemukan diseluruh daerah tropik, pada ketinggian tempat 1 - 1.400 meter dpl. Tumbuhan ini dapat hidup dengan baik pada tempat-tempat yang terbuka, dengan sinar matahari yang penuh sepanjang hari. Jenis ini dapat ditemui di kebun-kebun dan pekarangan- pekarangan ditanam sebagai tanaman hias.</p>
HabitatPerdu
Id Species3
SinonimBougainvillea
FamNyctaginaceae
Nama daerahBunga kertas, bunga bougenfil (Indonesia); kembang kertas (Sunda); kembang kertas (Jawa).
DisribusiTumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Brazil, kemudian menyebar hingga ke wilayah Asia Tenggara dan banyak ditemukan di hutan hujan tropik di Malaysia, Cina dan Indonesia. Persebaran tumbuhan ini di Indonesia meliputi hampir seluruh wilayah Nusantara, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Ambon dan Irian Jaya.
BudidayaJenis ini telah dibudidayakan dengan baik dalam skala besar, karena digunakan sebagai tanaman hias. Bunga kertas mudah diperbanyak dengan cara stek cabang/ ranting dan cangkokan. Cara perbanyakan dengan stek cabang/ ranting dilakukan dengan cara memilih cabang/ ranting yang akan dijadikan sebagai bibit, diusahakan tidak terlalu tua atau pun terlalu muda, dengan ukuran diameter 0,8 - 1,5 cm, panjang 10 - 15 cm yang dipotong miring. Kemudian ditanam (ditancapkan) di polybag hingga mencapai tinggi 20 - 35 cm atau berumur 1-1,5 bulan, baru kemudian dapat dipindah kan ke lapangan. Penanaman dilakukan pada awai musim penghujan. Perawatan yang dilakukan terhadap tanaman bunga kertas ini termasuk intensif, sepprti pemupukan secara teratur, penyiraman, penyiangan dan pemangkasan secara berkala dan teratur. Pupuk yang digunakan untuk memupuk tumbuhan ini adalah pupuk kandang dan kompos.
Sifat OrganoleptikRasa pahit, agak kelat, sejuk, hangat; melancarkan sirkulasi peredaran darah dan meluruhkan haid (emmenago gum).
Ramuan255,257 dan 346.
Bagian Yang Digunakanbunga, batang
Manfaat<p>obat keputihan, haid tidak teratur dan hepatitis, menyegarkan badan</p>
Kandungan kimia<p>Mengandung zat-zat betanidin, iso betanidin, 6-0-p-soforisid dan 6-0- ramnosisoforosid, saponin polifenol</p>
LokasiTaman Rektorat, Depan Land Huis dan Fakultas Pertanian.
Latitude104.76493
Longitude-2.98722
Status Mission0
Status1
Id User0
SumberTOI Jilid I
Usernameocit2

Peta Persebaran #