View TumbuhanObat #Rauvolfia serpentina (L.) Benth. ex Kurz

Nama LatinRauvolfia serpentina (L.) Benth. ex Kurz
Nama LokalPULE PANDAK
DescriptionSemak, daun berkarang 3-4 helai. Perbungaan 3-9 cm, merapat, terdiri dari 20-35 bunga. Bunga putih kemerahan, tabung mahkota bunga 9- 18 mm. Bush hitsm kemerahan, membulat berpasangan, bagian basal buah berlekatan. Perdu tegak, tinggi 0,3 - 1 m. Akar mempunyai bentuk berliku-liku atau zig-zag seperti ular tanah, bergetah. Batang silindris; cabang-cabang coklat abu-abu, mengeluarkan cairan jemih bila dipatahkan. Daun berkarang, 3-4 helai, berbentuk taji atau bulat telur sungsang. Perbungaan 3-9 cm, merapat, terdiri dari 20-35 bunga, putih kemerahan sampai merah muda; mahkota bunga berbentuk tabung, 9-15 mm, bagian bakal buah berlekatan. Buah hitam kemerahan, membulat, berpasangan.
HabitatTumbuhan ini hidup liar di ladang, hutan jati atau tempat-tempat lain sampai ketinggian tempat 1.000 m dpl. Seringkah tumbuh pada tipe vegetasi yang spesifik seperti hutan bambu dan jati.
Id Species171
Sinonim
FamApocynaceae
Nama daerahPule pandak Pulai pandak, akar tikus (Indonesia); pulai pandak (Jawa).
DisribusiPersebaran tumbuhan ini meliputi India, Srilanka, Nepal, Myanmar, Laos, Kamboja, Kepulauaan Andaman, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia persebaran tanaman ini terdapat di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.
BudidayaPembudidayaan jenis ini belum banyak dilakukan karena selain dari khasiatnya, tidak memiliki nilai ekonomis lainnya. Perkembangbiakan yang telah dilakukan hingga saat ini adalah melalui biji. Penanaman jenis ini sangat baik dilakukan pada awai musim penghujan atau akhir musim kemarau, tidak membutuhkan perawatan yang intensif.
Sifat OrganoleptikAkar : pahit, dingin, sedikit beracun, penenang, menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi, menghilangkan sakit (analgetik), penurun p anas, menghilangkan p anas dalam dan p anas liver serta antiradang. Batang dan daun : pahit, manis, sejuk, menolak angin, menurunkan tekanan darah, melancar akan darah beku.
Ramuan90, 146, 184, 272, 355, 363, 400, 415, 558, 569, 581, 585, 636, 643,651,653,673,691 dan 693.
Bagian Yang DigunakanAkar, batang, daun
ManfaatAkar untuk menyembuhkan darah tinggi, malaria, demam panas, disentri, sebagai anti racun. Akar berguna untuk obat tekanan darah tinggi, sakit kepala, susah tidur, sakit perut, sakit pinggang, radang empedu, ayan, radang jantung, malaria, radang umbai usus buntu, sakit tenggorokan, bisul, gatal-gatal, gangguan jiwa, meningkatkan nafsu makan, digigit ular berbisa, luka, borok, koreng dan luka terpukul. Kulit batang dan daun dapat digunakan untuk obat demam, influensa, tekanan darah tinggi, diare, sakit tenggorokan, kolera, buah zakar turun/hernia, bisul, luka terpukul dan masuk angin. Cairan dari batangnya berkhasiat untuk obat sakit mata, radang mata dan radang selaput bening.
Kandungan kimiaReserpin, ajmalin, chandrin, fitosterol, dan asam oleat Mengandung zat alkoloid, yang didalamnya terkandung zat seperti alkalin kuat, quarterary ammonium compound serpentine, serpentinin, sarpagin, samatin; tertiary amin derivate yohimbin, ajmalin, ajmalicin, tetraphyllin, tertraphyllicin; alkalin lemah sekondary amines reserpin, rescinnamin, deserpidin, raunecin dan canescin.
LokasiPusat Konservasi Ex-situ Tumbuhan Obat Hutan Tropika, Laboratorium Konservasi Tumbuhan DKSHE Fakultas Kehutanan
Latitude104.74274
Longitude-2.98341
Status Mission0
Status1
Id User0
SumberTO Kampus IPB Dramaga, TOI Jilid VIII
Usernameocit2

Peta Persebaran #